KELAS X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan ajakan melakukan suatu tindakan, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan simpati, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang kecukupan untuk dapat/tidak dapat
melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
recount berbentuk laporan kerja dan
uraian peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks naratif berbentuk cerita pendek, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan sebab akibat, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
explanation tentang gejala alam,
sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X.
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda atau tindakan,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12
Menganalisis perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.13
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks proverb dan riddle, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ajakan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan simpati,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat
ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.5
Menangkap makna dalam iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) dari media massa.
4.6
Menyusun teks tulis iklan barang, jasa dan, kegiatan (event) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.7
Menangkap makna teks recount
lisan dan tulis, berbentuk laporan
kerja dan uraian peristiwa bersejarah.
4.8
Menyusun teks recount lisan dan tulis, berbentuk laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menangkap makna teks naratif
lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan sebab akibat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.12 Menangkap makna teks explanation tentang gejala alam,
sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X.
4.13 Menyunting teks explanation tentang gejala alam,
sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.14 Menyusun teks explanation tentang gejala alam,
sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.15 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkaitan antara dua benda
atau tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16 Menyebutkan perbedaan dan
persamaan teks deskriptif dan teks explanation,
dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
4.17 Menangkap makna proverb dan riddle
4.18 Menangkap makna lagu.
|
Untuk mendownload silahkan klik link berikut:
[Link Download]
Download juga "Contoh Silabus Bahasa Inggris Kelas X SMA" (direct link download) > [Click Here]
related post:
KOMPETENSI DASAR SMA Mata Pelajaran Bahasa Inggris PEMINATAN AKADEMIK Kelas XI
KOMPETENSI DASAR SMA Mata Pelajaran Bahasa Inggris PEMINATAN AKADEMIK Kelas XII
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !