2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk menyatakan pendapat dengan penjelasan, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan untuk menyarankan untuk melakukan atau tidak
melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks brosur, leaflet,
banner, dan pamflet, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menyatakan tentang benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan
fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks factual report tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat
ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks biografi tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks naratif berbentuk cerita pendek, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.12
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
proverb, riddle, dan poem, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.13
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan untuk menyatakan pendapat
dengan penjelasan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan untuk menyarankan untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menangkap makna dalam brosur, leaflet, banner, dan pamflet.
4.4
Menyusun brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.5
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda dengan pewatas berupa
sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis, tentang orang, binatang,
benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran
lain di Kelas XI.
4.7
Menyunting teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
4.8
Menyusun
teks ilmiah faktual (factual report),
lisan dan tulis, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu
lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10
Menangkap makna dalam teks biografi tokoh terkenal.
4.11
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi hortatori tentang topik yang hangat dibicarakan
umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13
Menangkap
makna dalam teks eksposisi hortatori tentang topik yang
hangat dibicarakan umum.
4.14
Menyunting teks ekspisisi hortatori, lisan dan tulis, tentang topik yang hangat dibicarakan umum, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15
Menyusun teks eksposisi hortatori, lisan dan tulis, tentang topik yang hangat dibicarakan umum, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16
Menangkap makna teks naratif berbentuk cerita pendek.
4.17
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.18
Menangkap makna proverb, riddle, dan poem.
4.19
Menangkap makna lagu.
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !